5 Langkah Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses, Pahami Dengan Benar

Memulai sebuah bisnis mungkin bisa dikatakan sebagai perkara mudah. Terlebih jika modal yang kita butuhkan memang ada dan tersedia. Namun memiliki bisnis yang bisa bersaing dan memiliki fundamental yang kokoh itu merupakan suatu hal yang berbeda.


Tak semua bisnis itu memiliki fundamental atau dasar yang kuat sehingga kita banyak melihat berbagai usaha yang bangkrut tiap harinya di sekitaran kita. Entah karena pelanggan yang kurang atau berbagai penyebab lainya.

Memulai bisnis mungkin mudah bagi mereka yang mempunyai modal tapi perlu kalian tahu bahwa tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis tak hanya tentang modal saja. Bahkan orang yang memulai bisnis dari nol bisa saja mengalahkan bisnis yang dikerjakan atau dimulai dengan nilai investasi yang besar.

Nah kali ini kita akan membahas tentang beberapa langkah memulai bisnis dari nol hingga sukses. Namun bagi yang memiliki modal pastinya memiliki nilai plus tersendiri walaupun tak menjamin keberhasilan atau kemajuan suatu bisnis.

Oke cukup basa basinya, mari kita bahas beberapa langkah penting dalam memulai suatu bisnis.

Langkah penting dalam membangun bisnis


Semua orang yang ingin berbisnis pastinya sebelum memulai sebuah bisnis, mereka akan terlebih dahulu memikirkan ide bisnis ataupun jenis bisnis apa yang ingin dijalankan. Nah sebenarnya ide bisnis bisa kita perdetail lagi pembahasannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun suatu bisnis. Selain itu, pengukuran tolak ukur serta pasar juga sangat penting diperhatikan. Oleh sebab itu perhatikan beberapa langkah ini.

1. Merancang konsep bisnis


Dalam merancang atau memulai sebuah bisnis baru. Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah "apa yang pasar butuhkan", disaat kalian sudah tahu apa yang pasar butuhkan maka akan muncul bisnis baru di sana.

Dengan mengetahui apa yang sedang dicari pasar maka yang harus kita lakukan adalah menyediakan produk atau barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

Nah dalam menentukan jenis atau jasa (atau barang) apa yang kita berikan. Maka langkah selanjutnya adalah kita harus mengutamakan kebutuhan pasar yang dibutuhkan masih terbilang langka atau minim pesaing.

Karena dengan minimnya persaingan maka persentase berkembangnya bisnis yang akan kita bangun akan lebih besar sehingga yang namanya kebangkrutan bisa diminimalisir.

Namun jangan juga memulai bisnis yang memang dibutuhkan ( memiliki pangsa pasar tinggi) tetapi memiliki persaingan yang tinggi pula. Ingat dalam pembahasan kali ini kita memulainya dari NOL ya.

Jadi penting mencari suatu ide bisnis yang memiliki pangsa pasar tinggi atau bisa dikatakan apa yang dibutuhkan konsumen atau masyarakat, tetapi penting juga untuk melihat aspek persaingan yang ada.

2. Tentukan target konsumen


Hal selanjutnya yang perlu kita perdetail dalam merancang suatu ide bisnis adalah menentukan Target konsumen dari apa yang akan kita perjualkan atau layanan yang akan kita berikan.

Kita bisa menentukan target dari bisnis yang akan kita jalankan berupa umur konsumen, misal target bisnis kita adalah pemuda maka kita perlu menyesuaikan ide bisnis dengan hal - hal yang disukai oleh anak muda.

Selain umur, hal lainya yang juga perlu kita perhatikan adalah gender, target konsumen kita pria atau wanita, selanjutnya adalah menyesuaikan bisnis yang kita jalankan dengan passion konsumen kita. 

Atau kita bisa memberikan hal lebih misal target bisnis kita adalah pemuda dan bisnis kita adalah warung kopi. Nah kita perlu menyesuaikan warung kopi seperti apa yang akan disukai oleh para pemuda tempat bisnis kita dijalankan.

3. Pastikan konsumen Puas


Langkah selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah user experience atau dalam bahasa sederhananya bisa dikatakan sebagai pengalaman pengguna atau konsumen ketika melakukan pembelian atau menikmati layanan bisnis kita.

Katakanlah kita membangun bisnis warung kopi. Maka user experience yang perlu kita perhatikan antara lain : tempat, kinerja owner dan sebagainya.

Terlebih lagi jika lokasi atau pesaing bisnis warung kopi tersebut juga menyediakan Wi-Fi gratis maka kecepatan Wi-Fi nya haruslah bersaing dengan toko atau warung lainya.

Selain itu, menyediakan tempat yang nyaman bagi pengunjung juga perlu diperhatikan dan aspek lainya yang juga tak kalah penting adalah mencari lokasi dengan persaingan yang masih tergolong minim namun memiliki pangsa pasar yang tinggi.

4. Perencanaan keuangan yang jelas


Langkah yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis yang juga tak kalah penting lainya yaitu perhitungan serta tujuan dari bisnis tersebut.

Saat seseorang ingin membangun bisnis yang besar dan terus berkembang maka pemetaan keuangan adalah hal yang sangat penting.

Biasanya banyak pembisnis yang ketika mendapat keuntungan dari bisnisnya maka uang hasil bisnis tersebut digunakan untuk hal lainya.

Padahal hal ini sangatlah berbahaya bagi jalannya bisnis yang kita jalankan. Terlebih jika uang yang dipakai merupakan modal dari bisnis yang kita jalankan.

Alhasil jika kita menggunakan hasil atau uang bisnis tersebut untuk keperluan lainya maka kita akan kesulitan untuk mengembangkan atau bahkan memastikan bisnis yang kita jalankan tetap berjalan lantaran modal telah kita pergunakan untuk hal lainya.

Sebenarnya penggunaan hasil bisnis sendiri bisa atau boleh digunakan untuk keperluan lain. Namun harus tetap memperhatikan aspek berjalannya bisnis yang kita kembangkan.

5. Keunikan produk bisnis


Jika point pertama hingga empat sudah terpenuhi. Maka langkah terakhir untuk memastikan bisnis kita tetap berjalan dan berkembang adalah keunikan dari produk yang kita sediakan itu sendiri.

Mudahnya kalian bisa menanyakan beberapa hal tentang keunikan produk kalian seperti: "kenapa seseorang harus membeli di toko saya?". "Kenapa ngak beli di tempat lain?". 

Atau bisa dikatakan hal unik apa yang disediakan produk kita jika dibandingkan dengan produk-produk pesaing atau kompetitor.

Katakanlah contohnya seperti produk kamu lebih murah atau bisa juga produk kamu itu lebih berkualitas atau packing yang kita sediakan lebih menarik, banyak lah pokoknya yang membuat sebuah produk bisnis menjadi menarik.


Nah itulah beberapa langkah atau tahapan dalam membangun bisnis dari nol. Sebenarnya jika mengatakan bisnis dari nol maka judul artikel yang mungkin lebih cocok pada pembahasan kali ini mungkin adalah tahapan atau langka membangun bisnis.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan kali ini semoga menambah wawasan dunia bisnismu.

0 Response to "5 Langkah Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses, Pahami Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel