8 Burung Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Hingga Sekarang

Burung merupakan salah satu hewan yang menarik untuk diamati. karena warna serta kicauannya yang indah, bahkan beberapa burung memiliki harga yang terbilang mahal lantaran di ikut sertakan dalam agenda tertentu oleh masyarakat.

Kali ini kita akan membahas tentang burung, tapi bukan tentang warna serta keindahan yang dimilikinya melainkan ukurannya yang tak biasa ditemukan atau terlihat di sekitaran lingkungan kita. 

Kamu mungkin tahu bahkan beberapa burung di dunia memiliki ukuran yang bahkan menyamai ukuran manusia, nah biar ngak makin penasaran berikut beberapa daftar burung terbesar di dunia sesuai dengan informasi yang di rangkum dari beberapa sumber di internet.

8. Albatros Pasifik Utara

Albatros pasifik-utara adalah burung laut berukuran besar dari genus Phoebastria dari keluarga albatros. 

Burung ini memiliki ukuran yang terbilang besar untuk seekor burung. Tak terlalu tinggi, namun bentar sayap dari burung albatros bisa mencapai 2,5 - 3,3 meter. Ukuran yang bahkan melampaui tinggi manusia normal.

Albatros merupakan burung yang suka tinggal di daerah tropis, dengan dua spesies bersarang di barat laut gugusan kepulauan Hawaii, satu spesies di kepulauan sub-tropis selatan Jepang dan satu bersarang di daerah khatulistiwa.

7. Kondor Andes

Kondor Andes adalah spesies burung Amerika Selatan dalam famili Cathartidae Hering Dunia Baru dan satu-satunya anggota genus Vultur. Burung ini dapat ditemui di pegunungan Andes dan pantai Pasifik Amerika Selatan barat.

Tinggi burung ini diperkirakan dapat tumbuh hingga 1,5 meter dengan berat paling maksimal 15 kilogram dan memiliki rentang sayang hingga 3 meter. Biasanya burung ini hidup hingga 70 - 75 tahun.

6. Kori Bustard

Kori bustard bisa dibilang adalah burung terbang terbesar yang berasal dari Afrika. Ini adalah anggota keluarga bustard, yang semuanya termasuk dalam ordo Otidiformes dan dibatasi distribusinya ke Dunia Lama. Ini adalah salah satu dari empat spesies dalam genus Ardeotis bertubuh besar.

Burung Kori Bustard dapat tumbuh dengan tinggi hingga 1,3 meter dan memiliki bentar sayang selebar 2,7 meter. Burung ini juga termasuk sebagai salah satu burung dengan bobot terberat di dunia dimana berat dari burung ini sendiri bisa mencapai 20 kilogram.

5. Greater Rhea

Greater Rhea merupakan Burung terbang yang berasal dari Amerika Selatan. Burung ini termasuk sebagai burung yang suka bermigrasi sehingga beberapa jenisnya juga tersebar di negara-negara lainya seperti Argentina, Spanyol, hingga ke Portugis.

Burung ini biasanya mendiami atau tinggal di daerah padang rumput, sanana, atau lahan basah berumput. Burung Greater sendiri memiliki berat 20 - 27 kilogram dengan panjang hingga 1,4 meter.

4. Penguin Emperor

Di daratan Artatika, jenis penguin yang paling besar mungkin adalah Penguin Emperor. Penguin ini memiliki tinggi badan hingga 88 centimeter dan memiliki berat badan hingga 45 kilogram.

Populasi Penguin kaisar hanya terdapat di Benua Antartika - kutub selatan bumi, yang merupakan daerah terdingin di belahan dunia paling selatan dengan suhu terendah mencapai -73° Celcius. Mereka bersarang di sepanjang wilayah tepi pantai benua Antartika.

Penguin kaisar dapat bertahan hidup di suhu dingin tersebut karena lapisan lemak setebal 2–3 cm pada tubuhnya berguna untuk menyimpan panas dan memisahkan udara dingin dari luar.

3. Emu

Burung Emu ialah burung asli Australia yang terbesar, serta burung yang tak dapat terbang yang kedua terbesar di dunia, yaitu selepas saudara ratit-nya, burung unta. Burung ini juga merupakan anggota tunggal dalam genus Dromaius yang masih ada.

Burung ini bisa memiliki tinggi mencapai 180 centimeter dengan berat hingga 60 kilogram. Burung Emu masih banyak terdapat di tanah besar Australia, walaupun burung ini menghindari kawasan-kawasan yang penuh sesak atau terlalu kering, serta hutan-hutan padat.

2. Kasuari Gelambir Ganda

Kasuari gelambir-ganda adalah salah satu burung dari tiga spesies kasuari, yaitu kasuari gelambir ganda, kasuari gelambir tunggal, dan kasuari kerdil. Berukuran besar dan memiliki rambut berwarna hitam yang keras dan kaku.

Populasi Kasuari Gelambir-ganda tersebar di hutan dataran rendah di Australia, pulau Irian dan pulau Seram di provinsi Maluku. Spesies ini merupakan satu-satunya burung di marga Casuarius yang terdapat di benua Australia. Burung ini memiliki panjang hingga 1,7 meter dengan berat hingga 44 kilogram.

1. Burung Onta

Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Dengan ketinggian hingga 2,5 meter, ia cukup besar seukuran orang dewasa berbadan kecil menunggang mereka dan telah digunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan.

Budi daya burung unta untuk bulunya dimulai pada abad ke 19 dan pertama kali dilakukan di Afrika Selatan. Peternak burung unta menangkap bayi burung unta dari alam liar, membesarkannya, dan memanen bulunya setiap tujuh atau delapan bulan.

Nah itulah beberapa burung terbesar di dunia. Semoga informasinya menambah wawasan serta pengetahuanmu mengenai burung-burung ya.

0 Response to "8 Burung Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Hingga Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel