10 Rekomendasi Manhwa Murim (Ilmu Beladiri) terbaik

Komik Korea atau Manhwa sudah menjadi bahan bacaan yang populer belakangan ini. Terbukti dengan banyaknya antusias pemuda yang menyukai beragam kisah yang divualisasikan menjadi gambar ini di berbagai situs serta aplikasi baca komik.

Kisah dalam komik Manhwa terbilang beragam mulai dari romantis hingga action serta Wuxia atau Murim. Murim atau Wuxia merupakan sebuah genre komik yang menceritakan tentang tema beladiri. Biasanya kisahnya tak jauh-jauh dari sekte serta seorang ahli atau master beladiri.

Jika kamu termasuk salah satu pembaca komik yang menyukai genre semacam ini. Maka kali ini isekun akan membagikan beberapa judul Manhwa Murim terbaik yang memiliki kisah cerita seru dari yang lain. Berikut beberapa Manhwa Murim terbaik versi isekun.

1. The Undefeatable Swordman

  • Genre : Action, Fantasy, Martial Art
  • Chapter : 122 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa yang satu menceritakan tentang seorang pemuda di sebuah keluarga bernama Sung Woo-Moon yang memiliki badan sakit-sakitan dan terkenal lemah. Bebanding terbalik dengan Sung Woo, Adiknya malah memiliki bakat dalam seni beladiri yang membuatnya direkrut oleh sebuah perguruan Hwa-San.

Suatu ketika rumahnya didatangi oleh seorang petapa yang memberikannya sebuah lukisan aneh. Kondisi Sung Woo-Moon kemudian makin para disaat ia mulai memperhatikan lukisan tersebut. Ia hanya menghabiskan waktunya untuk melihat lukisan itu.


Namun ternyata lukisan yang diberikan oleh petapa tersebut bukanlah lukisan biasa melainkan lukisan yang mengandung dan membuat siapapun yang paham dengan melihat lukisan itu akan menguasai teknik seni beladiri dari penulis. Sejak saat itulah nasib Sung Woo-Moon kemudian sedikit demi sedikit mulai berubah.

2. Volcanic Age

  • Genre : Martial Art, Reincarnation, Time Travel
  • Chapter : 210 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa yang satu ini juga cukup menarik untuk coba kalian simak. Kisahnya juga mengenai murim serta sekte ilmu beladiri dengan berbagai teknik serta rahasia beladiri. Kisahnya sendiri mengenai seorang lelaki bernama Joo Seo-Cheon.

Ia merupakan seorang lelaki yang selamat setelah masa perang dan menjadi seorang tetua di sebuah sekte besar. Namun sebelum kematiannya ia menyadari bahwa ia belum melakukan sesuatu yang orang umumnya lakukan. Walaupun ia menjadi seorang tetua sekte hebat, ia belum pernah merasakan dan mengenal yang namanya cinta.

Di akhir hidupnya tersebut juga ia diberikan kesempatan kedua yaitu bereinkarnasi ke sebuah tubuh bocah berusia belasan tahun yang minim kemampuan beladiri. Bermodalkan ingatan masa lalunya, ia kemudian bertekad untuk menjalani kehidupan barunya tersebut tanpa penyesalan sama sekali.

3. Return of the Mount Hua Sect

  • Genre : Martial Art, Fantasy, Action
  • Chapter : 72 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu manhwa terbaik yang memiliki jalan cerita yang sangat seru. Kisahnya mengenai seorang pendekar pedang hebat sekte Gunung Hua yang merupakan salah satu pedang inti sekte gunung Hua dari 7 pedang inti.

Di akhir kehidupannya ia berhasil mengalahkan Chum Ma yang merupakan tetua sekte penyembah iblis dan kemudian menghembuskan nafas terakhirnya di puncak gunung sekte penyembah iblis. Namun setelah kematiannya ia berenkarnasi ke 100 tahun kemudian dalam sebuah tubuh bocah bernama Chung Myung. Pada masa itu, sekte gunung Hua sudah tak seterkenal dulu lagi dan hanyalah sebuah sekte kumuh yang sering di rendahkan oleh sekte lain.


Berbekal pengetahuan berpedangnya di masa lalu, Chung Myung kemudian bertekad untuk kembali membuat sekte Gunung hua menjadi salah satu sekte terkuat di benua tersebut lagi.

4. Chronicles of Heavenly Demon

  • Genre : Martial Art, Action. Adventure
  • Chapter : 181 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa yang satu ini juga cukup seru untuk dibaca. Kisahnya mengenai Hyuk Wong Seon dan gurunya yang merupakan seorang penerus sekte tombak. Ia dan gurunya tersebut dibunuh oleh sekte lain dan dituduh menggunakan seni iblis terlarang.

Namun, menjelang kematiannya, antefak sekte tombak memancarkan cahaya yang membuat Hyuk Wong Seon mendapatkan kehidupan baru. Dan di kehidupan barunya tersebut ia kemudian bertekad untuk membalaskan dendam terhadap gurunya dengan memcoba mempelajadi seni beladiri terlarang.

5. Escort Warrior

  • Genre : Martial Art, Action. Adventure
  • Chapter : 156 Chapter
  • Status : Ongoing
Komik yang satu ini mengisahkan tentang seorang bernama Gwanghwira yang disebut sebagai brightness of helmit lantaran kekuatan berpedangnya. Suatu ketika lantaran sebuah kesialan yang menimpanya ia kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri atau vakum dari dunia persilatan.

Namun ia kemudian kembali sebagai seorang pengawal sebuah klan. Dan disaat klan yang dikawalnya mendapatkan masalah, iapun mau tak mau harus menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya.

6. Legend of the Northern Blade

  • Genre : Martial Art, Action. Fantasy
  • Chapter : 130 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa Legend of the Northern Blade yang dibuat oleh komikus bernama Woo-Gak ini bercerita tentang Ketika dunia terjerumus ke dalam kegelapan, seniman bela diri berkumpul untuk membentuk 'Sekte Surgawi Utara'. Dengan bantuan Sekte Surgawi Utara, orang-orang mulai menikmati kedamaian lagi. 

Namun, seiring berjalannya waktu para seniman bela diri mulai bersekongkol melawan 'Sekte Surgawi Utara', dan akhirnya menyebabkan kematian Pemimpin Sekte, Jin Kwan-Ho, dengan menghancurkan sekte tersebut. Saat semua orang meninggalkan sekte, putra satu-satunya Jin Kwan-Ho, Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak pernah belajar seni bela diri, tetapi dia menemukan Teknik yang diam-diam ditinggalkan oleh ayahnya dan mulai mempelajari seni bela diri dari Sekte Surgawi Utara.

7. Nano Mashin

  • Genre : Martial Art, Action. Fantasy
  • Chapter : 115 Chapter
  • Status : Ongoing
Nano Mashin menceritakan tentang kisah seorang pemuda bernama Chun Yeowun yang merupakan seorang calon pewaris sebuah sekte ilmu beladiri. Namun lantaran berasal dari istri yang tidak resmi dan tidak memiliki bakat beladiri ia kemudian sering di ejek dan dianiaya oleh teman sektenya.

Suatu ketika, ia kemudian didatangi oleh keturunannya dari masa depan yang kemudian menanamkannya teknologi nano dalam tubuhnya. Keturunannya dari masa depan itu berharap dengan teknologi tersebut, Chun Yeowun dapat merubah nasib buruk yang menimpanya.

8. Memoir of the God of War

  • Genre : Action. Fantasy, Adventure
  • Chapter : 100 Chapter
  • Status : Ongoing
Memoir of The God Of War menceritakan tentang Dan Sa Yu yang mengalami sebuah tragedi dan membuatnya menjadi seorang murid dari seorang pendekar yang sangat hebat. Setelah belajar ilmu beladiri dari gurunya ia menjadi sangat kuat.


Iapun kemudian memutuskan untuk mencari teman masa kecilnya serta anak dari gurunya. Namun hal itu kemudian membawanya ke peperangan berbagai sekte di dunia persilatan.

9. Record of the War God

  • Genre : Action. Fantasy, Adventure, Wuxia
  • Chapter : 142 Chapter
  • Status : Ongoing
Manhwa yang satu ini menceritakan tentang peperangan yang terjadi di antara para murim. Dalam perang besar tersebut Mushin merupakan salah satu murim yang paling disegani dan ditakuti oleh lawannya. Namun sayang ia kemudian mati dalam perang besar tersebut.

20 tahun kemudian ia kembali dilahirkan ke sebuah tubuh yang lebih muda. Iapun kemudian berusaha mencari kebenaran di balik perang yang terjadi 20 tahun silam tersebut dan mencari kebenaran tentang berbagai konspirasi yang ada dalam perang.

10. The Greatest in the World

  • Genre : Action. Fantasy, Adventure, Wuxia
  • Chapter : 5 Chapter
  • Status : Ongoing
The Greatest In The World jadi tambahan saja, komik ini hingga saat artikel ini ditulis masih 5 chapter. Kisahnya di awali dengan diperlihatkannya seorang bocah bernama Soma yang berasal dari Hwakgol yang memiliki kemampuan bertarung yang hebat.

Komik ini cocok untuk kalian yang suka kisah overpower, namun lantaran chapternya masih sedikit. Jadi agak susah memberikan banyak ulasan. Intinya tingkah kocak Mc dalam komik ini menjadi nilai tambah tersendiri.
Saya Sebenarnya Ultraman.

Post a Comment

© Isekun. All rights reserved. Developed by Jago Desain