Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kuliah Sudah Tidak Penting Lagi, S1 Banyak Nganggur?

Halo teman-teman, salam dari mahasiswa semester 13 di salah satu kampus negeri yang tidak bisa saya sebutkan lokasi serta namanya karena judul pembahasan yang nantinya akan menghasilkan masalah baru. menurut pribadi saya di era zaman sekarang kuliah tidaklah menjadi cara seseorang untuk menjadi sukses atapun acuan. yah sebenarnya dari dulu juga gitu, tapi tunggu dulu.

Saya memiliki pandangan yang sedikit berbeda dari kebanyakan orang. Apa yang kalian dengar ini merupakan isi pemikiran dari orang yang telah menempuh pendidikan di perkuliahan. Well saya tinggal skripsi aja dan sudah di tahap penelitian jadi pastinya kemungkinan  ngak di DO hahaha.

Ada beberapa alasan kenapa saya menyebutkan bahwa kuliah sudah menjadi tidak penting dan hal ini seolah-olah merupakan sistem yang memang dirancang dimana setiap pekerjaan biasanya mensyaratkan Sarjana yang sebenarnya notabene sarjana bukanlah orang yang memiliki pengalaman bekerja di tempat yang dituju melainkan seseorang yang siap mengikuti Training kerja. 

Dalam artian bisa saja seorang yang sudah Sarjana tak memiliki pemahaman apapun tentang bidang pekerjaan yang akan dilamar nantinya. Yah dari pada panjang kali pembahasannya dan takutnya nantinya muter-muter. Alasan kuliah sudah tidak penting menurut saya adalah:

1. Biasa aja

Well buat kalian yang masih SMA atau sedang ingin mencari referensi tentang perkuliahan akan saya katakan satu hal, kuliah ngak bakalan bikin kalian jadi hebat dan isinya belajar gitugitu aja(buat makalah, persentasi). Jika kalian berpikir dengan kuliah akan ada banyak ilmu yang kalian dapat maka baiknya buang pemikiran itu.


Hal ini terjadi pada saya dimana saya berkuliah di jurusan Teknologi Informasi. Namun kalian tahu yang bisa saya kerjakan hingga sekarang ini hanyalah membuat program sederhana yang setelah saya telusuri semuanya sebenarnya bisa saya peroleh dengan mengikuti kelas seperti Dicoding atapun banyak kelas lainya. Ada juga kelas google yang dibuka dan cukup bagus tapi berbayar dan harganya ngak semahal kuliah.


Bahkan di beberapa perusahaan teknologi tempat saya mengikuti seminar. Well ceritanya saya kan membuat blog. Nah penyedia Hosting biasanya membuat seminar dan lantaran saya merupakan costumernya makanya saya dapat undangan dan kalian tahu siapa yang mengisi seminar?


Yah mereka-mereka yang notabenya bukan dari pendidikan IT atau sarjana IT tetapi diluar konteks orang-orang kuliahan. Saran aja, Kalo kuliah baiknya tembak terus S2(seengaknya bisa jadi dosen). S1 ngak ngak ada hebat-hebatnya. Alhamdulillah kalo lu lulus PNS walauapun dalam skala presentase kemungkinannya kecil. Banyangin berapa banyak sarjana di indo sekarang wkkww.

2. Ketinggalan Jaman

Jaman dulu atapun kualifikasi Sarjana dibutuhkan lantaran memang orang-orang yang berhasil mencapai jenjang pendidikan tersebut masih minim. Oleh sebab itu mereka akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan.

Hal tersebut sudah tidak berlaku di jaman sekarang dimana lulusannya sudah terlalu banyak bahkan 1 bidang pekerjaan guru saja di ikuti oleh jutaan sarjana. Oleh sebab itu kuliah atau tidak sudah tak membuat anda spesial. Tapi kan kuliah juga menambah ilmu pengetahuan? yah ilmu pengetahuan yang pada dasarnya juga bisa diperoleh di luar perkuliahan. Kecuali lu kuliah di kedokteran.

3. Mahal

Biaya kuliah itu mahal brother, jadi bagunya apalagi kalau kalian berasal dari keluarga kelas kebawah maka baiknya dipikirkan lagi atau kalau memang mau kuliah maka pastikan dapet beasiswa. selain SPP, biaya hidup kalian selama 4 tahun di perkuliahan juga terbilang lama. terlebih jika kalian kuliah ke luar kota atau daerah, kudu sewa kos lagi.

4. Salah jurusan

menurut riset, di Indonesia lebih dari 50% mahasiswanya merupakan mahasiswa yang salah dalam menentukan peminatannya dalam jenjang kuliah atau salah jurusan. Hal ini sebenarnya masuk akal terjadi, karena kualitas pendidikan di negara kita termasuk kelas bawah. Jika di luar negeri seseorang sudah mulai memikirkan jurusan dan dibantu guru di SMA maka di Indonesia hal tersebut masih minim terjadi.

5. Tidak ada Garansi

lulus ngak lulus, sukses ngak sukses itu bukan urusan kampus!! ngak heran kalau kebanyakan lulusan sarjana di Indonesia kebanyakan nganggur. Bahkan angka pengangguran di Indonesia didominasi oleh mereka-meraka yang notabenenya kuliah.

Hal ini tentunya menjadi tanda tanya, salah mahasiswanya kah? atau kampus yang memang tidak memberi bekal di proses perkuliahan? siapa yang tahu. Namun yang pasti data mengatakan bahwa terdapat masalah dengan banyaknya angka pengangguran di Indonesia yang didominasi oleh Sarjana tersebut.

Namun apa mau dikata, angka pengangguran di dominasi oleh Sarjana. Namun menurut data Indonesia merupakan negara dengan jumlah Universitas terbanyak di Dunia. Dan mungkin angka tersebut akan terus bertambah dan sarjana juga pastinya akan terus bertambah.

Keputusan kuliah atau tidaknya itu tergantung pada masing-masing orang. Udah males ngetik saya, Salam
Kakuzu
Kakuzu Pengen kaya tapi males kerja

1 komentar untuk "5 Alasan Kuliah Sudah Tidak Penting Lagi, S1 Banyak Nganggur?"

  1. Nice bro pemikirannya. Jaman sekarang kuliah memang tidak se-privillege beberapa tahun yang lalu. Penting gak penting balik ke pandangan masing2.

    BalasHapus